6 Poin Sukses Cara Merawat Bunga Mawar

Arti Warna Bunga Mawar
January 16, 2016
taman bunga
Jenis-Jenis Bunga Yang Mudah Dirawat Untuk Taman
November 24, 2017
Show all

6 Poin Sukses Cara Merawat Bunga Mawar

cara merawat bunga mawarcara merawat bunga mawar

Tahukah kamu ada banyak jenis bunga mawar? Ada sekitar 13.000 varietas. Beberapa jenis hanya tumbuh di wilayah tertentu. Namun saat kamu sudah memilih jenis tertentu untuk ditanam, pastikan kamu tahu cara merawat bunga mawar tersebut.

Ada perlakukan khusus yang harus dilakukan saat menanam dan merawat bunga mawar. Tim Florist Jakarta mencoba untuk menyajikan daftar 6 hal spesifik yang harus diperhatikan agar kamu sukses menumbuhkan mawar.

Tempat

Bunga mawar sangat membutuhkan sinar matahari. Pastikan tempat yang kamu siapkan untuk menanam mawar bisa terkena sinar matahari setidaknya 6 jam per hari.

Jangan taruh di tempat yang gelap, karena mawar akan terhambat pertumbuhannya. Selain itu warna bunga juga akan terlihat pudar atau pucat. Warna cerahnya tidak bisa keluar sepenuhnya.

Tanah

Kamu butuh tanah yang subur dan kaya akan unsur hara. Hal ini baik buat pertumbuhan mawar mu. Untuk penanaman, kamu bisa campur tanah dengan unsur organik dan non organik. Seperti pupuk kompos yang dicampur dengan pupuk urea.

Pakai tanah yang memiliki biota untuk melihat indikator kesuburannya. Karena dengan adanya biota, kita bisa tahu kalau ada mikroorganisme yang bisa hidup dari bahan organik di tanah tersebut. Selain itu perhatikan juga PH tanah. Kalau mau tahu dan diukur dengan jelas kamu bisa cari tahu PH tanah yang dipakai. PH dengan nilai 6,5 sampai 7,5 dianggap baik untuk tanaman.

Mulsa

Mulsa adalah bahan pelapis tanah, bisa organik dan bisa anorganik. Namun untuk mawar disarankan pilih mulsa yang organik. Fungsi utama mulsa adalah menjaga temperatur tanah sehingga tetap lembab. Mulsa dapat bertahan cukup lama sesuai dengan bahannya.

Selain menjaga kelembaban, mulsa juga dapat menahan cipratan air dari tanah ke daun. Cipratan ini dapat menyebabkan jamur bagi mawar yang tentu saja merugikan dan menghambat pertumbuhan.

mawar tidak sehat

contoh mawar tidak sehat

 

Air

Buat irigasi atau siram bunga mawar pada bagian batang dekat dengan tanah. Sirami secara teratur namun jangan terlalu sering. Penyiraman ini harus dilakukan secara bervariasi, tergantung pada cuaca dan kondisi tanah. Cek kelembaban kondisi tanah dengan ujung jari.

Tidak teralu basah, tidak terlalu kering. Untuk mencegah penyakit, jaga dedaunan tetap kering, khususnya jika kamu harus melakukan penyiraman di sore atau malam hari.

Inspeksi

Ketika merawat, cek kondisi mawar secara teratur. Perhatikan apakah ada serangga atau penyakit yang menjangkit. Menemukan masalah lebih awal akan sangat mudah daripada harus menangani penyembuhan ketika mawar sudah terkena penyakit dalam waktu lama.

Contoh serangga yang sangat merusak mawar adalah kutu daun, ulat, larva tawon, dan serangga pestisida lainnya.

Pemangkasan

Selain itu, lakukan pemangkasan juga. Ini wajib dilakukan untuk menjaga mawar tetap sehat dan kuat. Dengan memangkas, sebenarnya kamu juga sedang menstimulasi pertumbuhan mawar.

Pemangkasan berkala juga dapat mencegah penyakit. Buang batang yang sudah tua atau batang yang melintang di tengah-tangah rangkaian.

Begitu lah 6 poin yang harus diperhatikan dalam cara merawat bunga mawar dengan baik.

Karangan Buket Bunga Mawar

buket bunga mawar

Kami dari Meme Florist menyediakan buket bunga mawar yang manis untuk mengungkapkan rasa sayang pada orang yang sangat dikasihi. Pengiriman buket bunga mawar Semarang ini tanpa dikenai biaya, alias GRATIS ONGKIR. Pilih dan pesan rangkaian bunga mawar di sini ->> KLIK DISINI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *